Gigiku Sehat, Tubuhku Sehat Optimal

Gigiku Sehat, Tubuhku Sehat Optimal

Karies gigi adalah penyakit infeksi bakteri pada struktur gigi yang menyebabkan gigi berlubang. Gigi berlubang dapat menyebabkan rasa sakit atau nyeri pada gigi, susah makan, gusi bengkak bahkan kesulitan menelan makanan. Kesehatan gigi dan mulut bukan segalanya, tetapi jika sakit gigi kita tidak dapat memakan segalanya.

Sebagian masyarakat Indonesia masih memandang karies gigi sebagai penyakit yang tidak berbahaya. Penyakit infeksi pada gigi dapat menjadi fokal infeksi yang diteruskan melalui peredaran darah menjadi penyakit kardiovaskuler atau menjadi penyakit meningitis. 

Berdasarkan riset kesehatan dasar bidang kesehatan gigi dan mulut tahun 2018 didapatkan data proporsi perillaku menyikat gigi benar pada penduduk usia 3 tahun ke atas di propinsi Jawa Tengah sebesar <3% dan 45 % masyarakat Indonesia mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat menjaga kesehatan gigi dan mulutnya masih kurang. bahkan beberapa masyarakat masih takut ke dokter gigi.

Keadaan seperti ini tidak bisa dibiarkan. Jika masalah kesehatan gigi dan mulut terjadi pada anak usia 1-5 tahun dapat menyebabkan kekurangan gizi pada anak bahkan bisa menyebabkan stunting karena kesulitan mengunyah makanan. Oleh sebab itu, Puskesmas Patikraja bersama-sama masyarakat Patikraja membangun sebuah komitmen bersama mewujudkan masyarakat Patikraja bebas karies dengan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut secara mandiri dan memeriksakan kesehatan gigi dan mulut kepada dokter gigi 6 bulan sekali. Mari gosok gigi minimal dua kali sehari (pagi dan malam hari), konsumsi buah dan sayur dan pergi ke dokter gigi 6 bulan sekali. Gigi dan mulut sehat, kesehatan tubuh menjadi optimal. {maya,drg.}

                                                   

 

 

 

 

Related Posts

Komentar