Kegiatan PSN Serentak Lintas Sektoral Bersama FORKOMPINCAM se-Kecematan Patikraja

Kegiatan PSN Serentak Lintas Sektoral Bersama FORKOMPINCAM se-Kecematan Patikraja

Giat Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Serentak Lintas Sektoral Seluruh Institusi dan Instansi serta Desa Se-Kecamatan Patikraja oleh Tim "PENJINAK" Pemburu Jentik Nyamuk  POKJANAL FORKOMPINCAM se-KEcamatan Patikraja Bersama Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala UPK, Kepala Puskesmas, Kepala Sekolah, Kepala Desa dengan didampingi oleh Petugas Kesehatan Lingkungan, Surveilan, Promosi KEsehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Dengan kegiatan ini sembari menggerakan Lintas Sektoral dan Masyarakat untuk bersinergi dalam Pemberantasan Demam Berdarah dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin minimal 1 minggu 1 kali. Karena PSN merupakan pencegahan paling mudah, murah dan efisien guna mencegah DBD dengan membasmi telur & jentik nyamuk yaitu 3 M + dengan Menguras Tempat Penampunga Air, Menutup Tempat yang dapat menampung air dan Mengubur/Mengolah Sampah/Barang Bekas Serta menghindari gigitan nyamuk, menggunakan kelambu, menabur Abate/Larvasida ditempat penampungan air terutama yang sulit dijangkau atau permanen, menggunakan repellent/Body Lotion anti nyamuk, Menanam tumbuhan pengusir nyamuk seperti kamijara/sereh, lavender dan tanaman lainnya.

Masih ada persepsi dari pengertian PSN dimasyarakat adalah Fogging/Pengasapan, padahal Fogging/pengasapan belum tentu menyelesaikan masalah dan dapat menyebabkan masalah. Fogging/Pengasapan hanya membunuh nyamuk dewasa bahkan tidak semua nyamuk dewasa mati, bisa saja hanya pingsan dan apabila bertelur dan berkembang biak maka nyamuk dari generasi berikutnya akan lebih kuat serta kebal terhadap fogging/pengasapan. Selain itu efek dari fogging yaitu rumah menjadi kotor, licin dan memungkinkan dapat menyebabkan penyakit lainnya karena residu dari insektisida yang dipakai untuk fogging.

Jadi, Kesimpulan kegiatan ini diharapkan seluruhLintas Sektoral beserta anggota keluarganya untuk melakukan PSN secara rutin minimal 1 minggu 1 kali.

Related Posts

Komentar