BIMTEK FORUM KESEHATAN DESA (FKD) SE-KECAMATAN PATIKRAJA

BIMTEK FORUM KESEHATAN DESA (FKD) SE-KECAMATAN PATIKRAJA

BIMTEK FKD (FORUM KESEHATAN DESA) BERTUJUAN MENGUATKAN PERAN SERTA FKD DALAM PEMBANGUNAN KESEHATAN DI WILAYAH KECAMATAN PATIKRAJA

Pembukaan acara ini dibuka oleh Plt.Kepala Puskesmas Patikraja dan untuk sambutan di isi oleh Plt.Camat Patikraja. Dalam sambutannya Plt.Camat Patikraja menyatakan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi dari pengurus FKD dalam kegiatan Bimtek FKD Desa Semoga dapat berjalan dengan lancer. Mohon untuk diperhatikan dan kemudian dapat dilakukan untuk kegiatan FKD di masing-masing desa.

Acara inti yaitu pemberian materi mengenai TUPOKSI FKD Desa Siaga yang diisi oleh Petugas Promkes Puskesmas Patikraja Antoni Kurniansyah, S.KM, dari pemberian materi diatas dapat disimpulkan bahwa peran FKD di setiap desa sangat besar dan menjadi ujung tombak serta wadah dari segala kegiatan masyarakat khususnya kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan guna bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat disetiap desa. Maka dari itu, FKD disetiap desa perlu diaktifkan kembali kegiatannya supaya dapat menganalisis situasi ditempatnya masing-masing mengenai faktor resiko atau masalah kesehatannya, kemudian dapat memprioritaskan faktor resiko atau masalah kesehatan yang ada dan kemudian dapat menemukan solusi pemecahan masalahnya untuk merancang rencana tindak lanjut yang harus dilakukan guna untuk menanggulangi faktor resiko dan masalah kesehatan yang ada di tempatnya masing-masing.

Acara selanjutnya adalah senam peregangan”Kun Anta” yang dilanjut ISHOMA, setelah ISHOMA dilanjut acara berikutnya yaitu diskusi kelompok dan masing-masing kader/pengurus FKD tiap desa dilatih untuk merumuskan faktor resiko atau masalah kesehatan ditempatnya masing-masing, kemudian diprioritaskan dan di cari penyelesaian masalahnya serta rencana tindak lanjutnya kemudian dipresentasikan didepan peserta lainnya.

Related Posts

Komentar